Kamis, 17 Januari 2013

MENGOPERASIKAN WEB BROWSER



MENGOPERASIKAN WEB BROWSER

Mengenali web browser
            Browser adalah salah satu program atau softwere untuk menjelajahi internet, untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam komputer. Dengan penerapan graphic user interface (GUI), dengan mudah para pengguna internet dapat mengakses informasi-informasi yang terdapat dalam internet. Web browser diantaranya adalah Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla Fairfox, Mosaic, Google, dll.

Mendeskripsikan pelayanan World Wide Web (WWW) sebagai Sumber Informasi
            World Wide Web (WWW), disingkat menjadi WEB merupakan fasilitas yang berisi data base terdistribusi. Anda dapat mengakses informasi-informasi melalui situs web, selain berupa teks juga berupa gambar, suara, film dan multimedia.
            Ide awal dari penemuan WWW berasal dari ide Sir Tim Beners-Lee sendiri pada tahun 1989 saat bekerja di laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa dan Swiss. Ide yng dikembangkan tersebut dinamakan “Global Hypertext Space”kemudian terus dikembangkan dan akhirnya bernama “World Wide Web” (WWW).Pada akhir tahun 2003, Tim Berners Lee diberi gelar kebangsawanan oleh kerajaan Inggris. Web mulai online diperkirakan pada tahun 1992, ini merupakan hasil karya Tim Berners Lee dari CERN. Pada bulan Oktober 1993 sampai bilan Juni 1995, jumlah total server web lebih dari 6,5 juta.
            Pada saat sekarang Web adalah salah satu layanan multimedia yang merupakan dari teks, grafik, suara, animasi dan virtual reality dan bukan berupa layanan sistem teks saja sebagaimana FTP, Ghoper dan E-mail.

Cara kerja sebuah web Browser
*    Browser web mengambil salah satu informasi melalui jaringan internet pada server web, dengan menggunakan perintah request atau permintaan sebuah alamat web.
*    Server web memberikan umpan balik dengan memberi respon untuk setiap perintah request, kemudian dilanjutkan dengan memberikan informasi yang diminta oleh server browser web.
*    Browser web menampilkan informasi yang telah diterima oleh server, informasi yang diberikan atas perintah yang digunakan secara keseluruhan menggunakan fasilitas khusus yang disediakan oleh browser web. Fasilitas tersebut biasanya lebih dikenal dengan sebutan tag-tag (kode-kode) yang hanya dapat dibaca oleh browser web. Semua informasi yang disimpan dalan sebuah dokumen web mnggunakan format HTML.
*    Dokumen web adalah sebuah dokumen teks biasa. Apabila ditampilkan melalui sebuah teks editor sembarang seperti note pad akan tampak sebuah dokumen yang tidak ada artinya, tetapi apabila dokumen dijalankan pada sebuah browser, maka akan tampak sebuah informasi yang sesuai dengan yang anda harapkan.

Istilah-istilah pada Browser Web
*    Internet (international Network) adalah jaringan komputer berskala internasional yang dapat saling berkomunikasi.
*    Intranet adalah jaringan komputer berskala kecil yang memiliki beberapa web server pada suatu perusahaan (organisasi) yang penggunaanya terbatas pada perusahaan tersebut.
*    TCP/IP (transmission Control Protocol/internet Protocol) adalah protokol yang terdiri dari sub-protokol, yang beroperasi pada lapisan yang berbeda.
*    HTMI (Hypertext Markup Language) adalah tata cara penulisan yang digunakan dalam dokumen web.
*    URL (Uniform Resource Locator) adalah sebuah alamat d dalam internet yang terdiri dari 2 bagian yaitu : pengenalan protokol dan pengenalan domain.
*    FTP (File Transfer Protocol) yaitu salah satu protocol yang dipergunakan untuk mengirim berkas antara dua komputer.

Informasi yang didapat dari WEB
            Mengetahui agen pemerintah, mengetahui mengenai informasi perguruan tinggi, seputar olah raga, politik, sosial dan kebudayaan, kesehatan, ilmu pengetahuan, perusahaan-perusahaan (hardware, software, mobil, alat-alat berat dll).
Struktur alamat Web
http:/www.yrama_widya.ac.id/private/administrasi-html
penjelasan struktur web di atas adalah sebagai berikut:
ü http : service transfer web
ü www : alamat informasi dalam internet
ü yrama_widya : alamat informasi yang dituju
ü ac.id : domain name (penamaan abjad)
ü private : nama direktori penyimpanan halaman web
ü administrasi : halaman web yang berisi informasi
Contoh beberapa domain name
ü edu atau ac : domain untuk bidang pendidikan
ü gov atau go : domain untuk badan pemerintah
ü mill : domain untuk militer
ü net : domain untuk internet provider
ü org : domain untuk organisasi

Mempersiapkan Hardware dan Software untuk Web Browser
            Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Kecepatan mengakses internet selain dipengaruhi koneksi melalui ISP, juga tergantung spesifikasi komputer yang digunakan. Persyaratan atau spesifikasi komputer untuk akses web browser adalah sebagai berikut:
Hardware untuk web browser
ü komputer minimal pentium III, processor 500 Mhz (Mega Hertz)
ü ram minimal 128 Mb (Megabyte)
ü card VGA minimal 4 Mb
ü monitor SVGA

Software (Perangkat Lunak) untuk Web Browser
Kebutuhan software sangat ditentukan oleh hardware yang digunakan. Adapun jenis dan versi software yang dapat anda gunakan adalah sebagai berikut :
ü system operasi : Windows 95, Windows 97, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows7.
ü Browser : yahoo, google, netscape navigator, internet explorer dll
ü Softwareberbasis Linux

Istilah-istilah yang berhubungan dengan web browser
ü ISP : Internet Service Provider adalah suatu organisasi atau perusahaan yang melayani jasa internet.
ü Browser : Software untuk menjelajahi internet seperti : netscape navigator, internet explorer, Mozilla dll
ü Chatting : berbincang-bincang (ngobrol) lewat internet
ü Download  : mengkopi dari internet ke hardidisk, flashdisk, CD writer berupa file, gambar musik, film dll
ü Modem : modulator demodulator, alat untuk menghubungkan dan mentransmisikan data dari komputer ke komputer lain melaui internet
ü HTTP : Hyper Text Transfer Protocol, adalah protocol yang berfungsi untuk mendifinisikan dan menjelaskan cara server dan client berinterkasi dalam mengirim dan menerima dokumen berupa web
ü HIML : Hyper Markup Language, adalah tata cara penulisan yang digunakan dalam dokumen web
ü TCP/IP (transmission Control Protocol/internet Protocol) adalah protokol yang terdiri dari sub-protokol, yang beroperasi pada lapisan yang berbeda.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar